Penggunaan Content Management System (CMS) sangat membantu pengguna dalam pengelolaan website sehingga menjadi lebih mudah dan cepat. Hal ini dikarenakan CMS telah menyediakan fitur-fitur untuk mengatur tampilan dan konten yang ingin ditampilkan di halaman website tanpa harus membuat koding. WordPress merupakan salah satu Content Management System (CMS) yang sangat populer digunakan saat ini. WordPress banyak digunakan sebagai template dalam pengembangan website, termasuk juga website Perguruan Tinggi beserta Jurusan dan Program Studi di dalamnya.

Website dapat dikunjungi dengan mengetikkan url pada browser, sebagai contoh: farmasi.poltekkesjambi.ac.id atau kesling.poltekkesjambi.ac.id. Untuk dapat melakukan pengelolaan terhadap konten website, maka user harus login ke WordPress terlebih dahulu sebagai administrator.

Pada penjelesan berikutnya akan digunakan website dengan url develop.unja.ac.id sebagai contoh.

  1. Login ke Akun Administrator WordPress

Berikut adalah langkah-langkah untuk login ke akun administrator WordPress:

  1. Ketikkan url website dan tambahkan /wp-admin setelahnya. Misalnya: develop.unja.ac.id/wp-admin
  2. Berikut tampilan dari develop.unja.ac.id/wp-admin. Selanjutnya ketikkan username dan password dan klik login untuk masuk ke akun administrator.
  • Apabila lupa password, silakan klik link Lost your password? Atau Lupa Sandi Anda? Pada halaman login wordpress, maka akan muncul halaman berikut:
  • Silakan ketikkan e-mail yang terdaftar pada akun administratorWordPress, kemudian klik Get New Password. Link untuk me-reset password akan dikirim ke e-mail.
  • Silakan buka e-mail dan klik link yang diberikan untuk mereset password administratorWordPress.
  • Silakan login ke akun administrator WordPress dengan password yang baru.
  1. Menu Dashboard

Setelah berhasil login ke WordPress, secara default akan ditampilkan menu Dashboard. Menu ini menampilkan sejumlah quick link untuk mengelola wordpress, misalnya link customize your site (untuk mengatur tampilan wordpress), write your first blog posts (untuk memposting tulisan ke blog), dan link widgets dan menus (untuk mengelola tampilan menu dan widget).Menu dashboard juga menampilkan rangkuman informasi tentang blog wordpress, seperti link published, recent activity seperti recently published dan comments.

Untuk mengelola WordPress, terdapat sejumlah menu pada bagian kiri halaman WordPress. Menu tersebut antara lain:

  1. Dashboard
  2. Users
  3. Appearance
  4. Posts
  5. Media
  6. Pages
  7. Comments
  8. Plugins
  9. Tools
  10. Settings

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *